Perencanaan Keuangan? Gimana ya Prosesnya? (2)




Perencanaan Keuangan haruslah di buat secara personal sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Perencanaan Keuangan haruslah focus pada efek psikologi dan financial yang dapat mempengaruhi  pencapaian tujuan-tujuan investasi anda. Sebuah Perencanaan Keuangan yang komprehensif haruslah memberikan strategi jangka panjang serta perhitungan yang dapat di pakai untuk mencapai tujuan investasi anda.

Perencanaan Keuangan akan membantu anda mengalokasikan uang anda secara lebih sistematik dan spesifik. Melalui enam langkah awal proses Perencanaan Keuangan yang komprehensif Perencanaan Keuangan akan membantu anda dengan :
Melihat situasi anda sekarang berdasarkan data-data yang di berikan oleh anda.

Kerjasama anda dan keterbukaan anda dalam memberikan data personal, situasi keuangan anda, tujuan anda serta harapan anda akan di butuhkan oleh Perencanaan Keuangan untuk membantu anda dalam menyiapkan Perencanaan Keuangan . Anda di minta untuk mengisi daftar pertanyann seperti gaji, kewajiban, asset, investasi, dana pendidikan serta program asuransi yang anda miliki. 

Menetapkan tujuan investasi anda.

Para profesional di bidang Perencanaan Keuangan akan membantu anda dalam menetapkan tujuan investasi anda. Tujuan-tujuan investasi in dapat termasuk : Biaya Kuliah anak kelak, membantu membiayai orang tua yang telah lanjut usia dan tidak bekerja lagi, mengurangi beban keuangan anda dengan melakukan analisa keuangan bulanan anda, dan lain-lain.

Melihat permasalahan yang dapat menghalangi anda dalam mencapai tujuan-tujuan investasi tersebut.

Banyak permasalahn yang mungkin tidak anda sadari seperti contohnya : anda tidak mempunyai asuransi atau sebaliknya anda kelebihan asurani, masalah cash flow  bulanan anda tidak pernah cukup untuk kebutuhan hidup per bulannya, atau investasi anda sekarang ternyata tidak dapat melampaui rate inflasi sekarang. Seluruh permasalahan ini akan diidentifikasikan sebelum Perencanaan Keuangan memberikan jalan keluar dari permasalahan anda.

Mempersiapkan Perencanaan Keuangan secara tertulis.

Panjangnya suatu dokumen dari Perencanaan Keuangan bergantung kepada seberapa kompleks situasi keuangan anda. Rencana keuangan ini akan di buat sesuai dengan situasi anda serta tujuan investasi anda, sehingga rencana keuangan ini hanya akan tepat dan sesuai untuk di gunakan oleh anda (taylor made).

Menerapkan rekomendasi dalam Perencanaan Keuangan anda

Perencanaan Keuangan akan dapat bekerja dengan baik apabila di terapkan. Akan tetapi langkah untuk menerapkan, memodifikasi, ataupun menolak rekomendasi tetap akan di putuskan oleh anda sendiri. Apabila sesuai dengan perjanjian, anda dapat meminta Perencanaan Keuangan anda untuk membantu anda menerapkan rekomendasi tersebut.

Tinjauan secara teratur terhadap Rencana Keuangan anda

Tinjauan secara teratur adalah suatu hal yang penting dalam proses suatu Perencanaan Keuangan. Dengan melakukan tinjauan secara teratur anda dapat mengetahui apabila Rencana Keuangan anda tetap pada jalur yang telah di setujui atau tidak. Sebuah Rencana Keuangan yang komprehensif akan mengikut sertakan tinjauan sebagai satu kesatuan paling sedikit satu tahun sekali.


Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tanggapan, pertanyaan di sini, kami akan segera meresponnya.

Recent

PROFIL FINANCIAL PLANNER - ILA ABDULRAHMAN

ILA ABDULRAHMAN, S.Pt., RIFA, RFC Siti Ruhailah Abdulrahman, S.Pt., RPP, RFA,   RIFA, RFC atau yang dikenal dengan Ila Abdulrahman, ad...

Baca Juga