Perencanaan Keuangan Kredit Mobil LCGC



Regulasi mobil murah LCGC  (Low Cost Green Car) sudah turun, dan sudah di luncurkan oleh beberapa pabrikan. Semurah-murahnya mobil pasti tidak akan semurah seperti membeli kacang goreng.  Tetap pada level –level tertentu yang mampu secara keuangan untuk membelinya. Kecuali dengan menjual asset yang sudah di miliki, ternak peliharaan misalnya, mumpung ini momentum idul adha, harga jual pasti bersaing. 

Cukup dengan 4 atau 5 ekor sapi Limousine atau Brahman, bisa membawa pulang mobil LCGC.
Harga mobil  kisaran Rp 80 – Rp 110 jutaan, Siapa yang secara keuangan ideal  membeli mobil ini? Dengan cicilan sebesar Rp 2 – Rp 2,5 jutaan per bulan selama 4 tahun, maka idealnya aman untuk yang berpenghasilan  Rp 6 juta ke atas. Dalam Perencanaan Keuangan Maksimal jumlah cicilan adalah sebesasar 30% dari pendapatan. Namun  hal ini harus di pertimbangkan keperluan keluarga, jangan sampai mengganggu alur keuangan, misalnya terjadi beban hutang ganda.

Bagaimana dengan yang berpenghasilan Rp 4 – Rp 5 jutaan? Pada level ini, dari sudut kerangka perencanaan keuangan di pandang masih aman, apalagi jika masih single.  Alokasi dana cicilan yang tersedia adalah sebesar Rp 1,2 – Rp 1,5 jutaan per bulan, asal belum memiliki beban cicilan atau angsuran lainnya. Sehingga tidak terjadi nombok angsuran. Nombok sebulan dua bulan mungkin masih aman arus kas keuangan, di ambilkan dri dana darurat (meski sangat di larang) namun jika berlanjut, tidak ada penghasilan tambahan, maka akan menyebabkan di ambil kembali  oleh kreditur.



Nah, selamat merencanakan mobil idaman anda, Safety Driving !!
ShiFinClic , Konsultan Keuangan Anda.

Tulisan inii telah di publikasikan di harian koran Joglosemar www.joglosemar.co pada tanggal 12 oktober 2013.