Pengen Punya Kartu Kredit, Tapi……

Pingin punya kartu kredit tapi takut "terjebak"? Berikut tips agar membuat kartu kredit menjadi menguntungkan. 

Kegunaan Kartu Kredit

Kartu kredit sebenarnya bisa menjadi menguntungkan tergantung lifestyle kita termasuk hobi, dan pekerjaan. Punya Kartu Kredit harus hati-hati karena banyak "jebakan" seperti diskon yang bisa membuat pemakaian kartu kredit berlebihan. Kartu Kredit menjadi penting bila tuntutan pekerjaan mengharuskan kita untuk sering travelling, boleh punya lebih dari 1 (satu). Kartu Kredit untuk travelling misalnya untuk bayar booking fee hotel atau tiket untuk transportasi. Kalau kita nggak terlalu sering travelling untuk pekerjaan, sebaiknya punya 1 kartu kredit udah cukup. 

Hal lain yang kita harus waspada adalah untuk tidak gampang terpengaruh dengan cicilan tetap 0% atau penawaran diskon di toko-toko. Jika benar-benar dibutuhkan & dipakai pastikan cicilan kartu kredit tersebut diperhitungkan dengan cicilan bulanan yang lainnya. 

Pengajuan (Apply) Kartu Kredit Sesuaikan dengan Pendapatan

Ketika apply/membuka kartu kredit, sebaiknya sesuaikan besar total limit kartu kredit dengan penghasilan kita. Total limit yang sebaiknya diminta/dimiliki bagi pengguna kartu kredit yaitu maksimal tiga bulan gaji. Contoh: jika gaji kamu Rp.5 juta per bulan, maka jumlah limit yang dimiliki dalam kartu kredit sebaiknya maxRp.15juta. Tapi kalau kamu cenderung boros berbelanja, maka sebaiknya limit kartu kredit hanya 1-2x gaji aja. Bahkan kalau kondisinya sudah parah, dimana keuangan bulanan minus dan terbelit, kartu kredit wajib dipotong/nggak punya. 

“Terjebak” Kartu Kredit

Saat kejebak kredit macet di kartu kredit,kamu bisa datang ke bank bagian kartu kredit dan lapor kalau kamu masalah bayar cicilan. Kalau masalah dengan KARTU KREDIT, Kita bisa mohon ke bank untuk :
  1. Menonaktifkankan kartu kredit untuk sementara,
  2. Minta penjadwalan pembayaran. Ketika bermasalah dengan KARTU KREDIT, Kita bisa memohon agar bunga KARTU KREDIT dihentikan dan pembayaran diubah menjadi cicilan tetap.
  3. Beban administrasi kartu kredit seperti Annual Fee bisa dihilangkan dengan negosisasi apabila kredit kamu bagus. Annual Fee Kartu Kredit juga bisa dihilangkan dengan meng-konversikan 'point reward' Kita, coba cek ada nggak di Kartu Kredit kamu?
Umumnya, setiap bank penerbit kartu kredit punya beban bunga yang relatif berbeda, ini bisa kita manfaatkan. Beban bunga kartu kredit terkecil di Indonesia saat ini mulai dari 1.2% hingga 1.5%/bulan. Bunga ini bunga efektif. Sedangkan, beban bunga kartu kredit terbesar berkisar mulai dari 3.50% hingga mencapai 4% per bulan. Bunga efektif: perhitungan bunga dihitung dr saldo hutang yang tidak dibayar penuh dibulan sebelumnya yang ada di tagihan. Informasi beban bunga kartu kredit tersebut harus diketahui setiap pengguna untuk memilih kartu kredit yang tepat untuk digunakan. 

Banyak yang bilang kartu kredit merugikan,justru sebaliknya apabila kamu tahu triknya bisa menguntungkan. Mau tahu? Simak di bagian ke- 2.









Sumber :  https://twitter.com/AidilAKBAR #KK