Search This Blog

Anak Anda Sudah Mendapat Uang Saku? Ajarkan 3 Hal Ini Padanya



Mengatur keuangan harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak, sejak mereka mengenal uang, sejak mereka sudah minta jajan.


GENERASI SANDWICH. kalo roti sandwich enak ya, bagaimana dengan keluarga yang menjadi generasi sandwich?

.

Generasi Sandwich adalah generasi 'terjepit', yaitu generasi yang bertanggung jawab mengurusi generasi di atas seperti orang tua, mertua, dan generasi di bawahnya, yaitu anak, keponakan, atau adik., baik mengurusi secara perhatian, kasih sayang maupun keuangan., Sehingga generasi ini dituntut untuk multitasking. Yang perlu diwaspadai generasi ini rentan stres karena memiliki banyak tanggung jawab. Umumnya ini terjadi pada kita yang saat ini berusia 30-50 tahun.

.

Apapun Alhamdulillah, masih ada orang tua, keramat hidup, lakukan sebagai bentuk bakti  dan sesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Namun, tetap miliki Me Time.

.

Ila Abdulrahman RIFA®, RFC®
#Cashflow #DebtManagement #DanaDarurat #Asuransi #DanaPensiun
#DanaPendidikan #PernikahanAnak #PerencanaanHaji #Wakaf #Warisan #WealthManagement #KPR #KPM #financialplanning #ilaabdulrahman #islamicfinancialplanning #shilafinancial #financialplanner #wealthplanner #financialeducator #empoweringyourfinancial #empoweringwomenfinancial


DANA DARURAT

--

Dana darurat menempati prioritas pertama yang harus dibentuk dalam perencanaan keuangan, atau prioritas ke-2 jika memiliki hutang konsumtif.

Dana darurat disipakan sebagai benteng pertama jika terjadi kondisi emergency, seperti; PHK, Resign, sakit tidak punya asuransi, sakit namun asuransi harus reimburstment, mendadak harus pulang, mendadak harus menikah, dll.

--

Jika jalan-jalan, kemudian melihat baju incaran diskon, itu bukan kondisi darurat! 

--

Besaran dana darurat tidap orang/keluarga berbeda-beda, tergantung pengeluaran, jumlah tanggungan, jenis pekerjaan apakah karyawan atau freelancer, apakah karyawan dengan skill khusus atau keahlian sejuta umat, serta  kenyamanan yang diinginkan.

--

Secara umum kebutuhan dana darurat adalah :

1.    single, tidak punya tanggungan, 4 kali pengeluaran
2.    menikah memiliki 1-2 anak atau single dengan 3 tanggungan, 6-9 kali pengeluaran
3.    menikah memiliki 3 anak atau lebih, atau single dengan 4 tanggungan atau lebih,  9 – 12 kali pengeluaran,
--

Selengkapnya tentang dana darurat http://www.shilafinancial.com/2017/02/berapa-kebutuhan-dana-darurat-saya.html

--

Setelah dana darurat terbentuk sekian persennya, dilanjutkan dengan memproteksi atau menyediakan biaya untuk kesehatan dan persediaan income untuk ahli waris, SALAH SATU metodenya dengan berasuransi (syariah). 

Nah berapa persen dana darurat terbentuk untuk lanjut berasuransi? 

--

Nah, sudah waktunya merencanakan dana darurat anda dengan datang ke financial planner yang tepat dan Anda sudah tahu harus datang kepada siapa.

--

Ila Abdulrahman RIFA®, RFC®

--

#Cashflow #DebtManagement #DanaDarurat #Asuransi #DanaPensiun
#DanaPendidikan #PernikahanAnak #PerencanaanHaji #Wakaf #Warisan #WealthManagement #KPR #KPM #financialplanning #ilaabdulrahman #islamicfinancialplanning #financialplanner #wealthplanner #shilafinancial #financialeducator #empoweringyourfinancial #empoweringwomenfinancial

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tanggapan, pertanyaan di sini, kami akan segera meresponnya.

HYPE

5 ALASAN MENGAPA DANA DARURAT HARUS DIUPDATE BERKALA

Dana Darurat atau Emergency Fund biasa juga disebut, penting dalam keuangan keluarga, menempati urutan kedua setelah melunasi hutang-h...