Search This Blog

Harga-Harga Naik? Tidak Masalah Jika Anda Lakukan Ini

 


ILA ABDULRAHMAN RFC®

BBM naik meski dalam kisaran “hanya” ratusan rupiah, tapi mungkin efeknya harga komoditas  akan merangkak naik diatas ratusan rupiah, selain juga dampak faktor lain seperti faktor cuaca, suplay and dema. Contohnya yang terjadi pada cabai, harga melambung hingga angka ratusan ribu.

Untuk mensiasati kenaikan harga yang dapat anda lakukan adalah, menambah penghasilan atau menyesuaikan pengeluaran. Pilih mana? Pilih yang membuat Anda paling nyaman menjalaninya.

Menambah penghasilan dapat Anda lakukan salah satunya dengan memanfaatkan hobi sebagai ladang penghasilan. Pekerjaan yang diawali dengan hobi, membuat Anda sangat enjoy menjalaninya. Misal ibu-ibu yang hobi masak, dapat membuka jasa katering untuk teman-teman atau tetangga. Ibu-Ibu yang hobi berkebun, bisa memanfaatkan tanaman hiasnya sebagai budidaya untuk di jual, atau yang hobi travelling, fotografi dapat menjadi seorang travel writer, dst. Semua bisa mendatangkan tambahan penghasilan jika dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

Yang memilih menyesuaikan pengeluaran atau mengencangkan ikat pinggang cukup tekan 3 tombol berikut, yaitu :  CTRL – ALT dan DEL. Apa itu?

CTRL- CONTROL (KONTROL)

Kontrol pengeluaran, pastikan memiliki catatan pengeluaran, untuk mengetahui pengeluaran mana saja yang bisa ditekan, juga mana yang perlu di tambah. Misal yang sering dijadikan contoh adalah, jika biasanya Anda minum kopi seharga Rp. 50,000,-/cangkir 3 kali/minggu, maka bisa dikurangi menjadi 1-2 kali/minggu, atau tetap 3 kali/minggu namun dengan kopi harga Rp. 25.000,-/cangkir. Sisa budget bisa dialokasikan untuk menyesuaikan kebutuhan lain yang naik, misal uang Les anak. 

Jika biasa masak oseng-oseng mercon (sangat pedas) dengan cabai 1 kg Rp. 15.000,-, berhubung cabai sedang mahal Rp.  150.000,-/kg, cukup kali ini oseng-oseng saja tidak pakai mercon, alias tidak pedas, tetapi tetap dengan cabe Rp.  15.000,- yaitu 1 ons. 

ALT – ALTERNATIF

Mencari alternatif barang, benda lain yang senilai. Misal dalam hal konsumsi jika terbiasa masak daging sapi, bisa diganti dengan daging ayam, secara nilai, sama-sama sumber protein hewani, namun secara harga jauh lebih terjangkau. Atau dalam hal transportasi, jika biasa menggunakan taxi, bisa beralih ke ojek online. Jalan-jalan ke kebun teh yang memerlukan biaya transportasi lumayan mahal, bisa di ganti dengan jalan-jalan di persawahan dekat komplek rumah. 


DEL-DELETE : MENGHAPUS PENGELUARAN

Dalam hal mengencangkan ikat pinggang, pengeluaran yang perlu dihapus adalah pengeluaran yang tidak bermanfaat, bermanfaat tapi hanya jangka pendek dan pengeluaran yang tidak menambah produktifitas. Tiap orang berbeda, jadi hanya Anda dan financial planner Anda sendiri yang dapat menentukan apakah pengeluaran tersebut bermanfaat atau tidak.

Untuk sebagian orang mungkin jalan-jalan di mall adalah pengeluaran yang tidak bermanfaat, tapi bagi sebagian yang lain adalah pengeluaran yang meningkatkan produktifitas, karena bertemu relasi baru, update model fashion terbaru baru pebisnis konveksi atau butik baju.

Salam financial !


 



No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tanggapan, pertanyaan di sini, kami akan segera meresponnya.

HYPE

5 ALASAN MENGAPA DANA DARURAT HARUS DIUPDATE BERKALA

Dana Darurat atau Emergency Fund biasa juga disebut, penting dalam keuangan keluarga, menempati urutan kedua setelah melunasi hutang-h...