Skip to main content

Wakaf Dalam Perencanaan Keuangan



Jakarta - "Yang menjadi milik kita itu hanya 3: apa yang kita makan, yang kita pakai dan yang kita sedekahkan."


Dalam perencanaan keuangan islami atau berdasarkan agama Islam ada 3 hal pokok yang harus dilakukan terhadap rezeki yang berupa kekayaan baik uang, maupun harta benda lainnya, yaitu mengeluarkan hak Allah berupa zakat, membayar hak orang lain atau kewajiban kita terhadap orang lain biasanya berupa utang, dan yang ketiga adalah membayar hak kita, yang berupa hak dan kewajiban kita di masa depan baik di dunia maupun di akhirat kelak dan hak kita di saat ini berupa biaya hidup sehari-hari.



Setelah menyiapkan investasi untuk kewajiban sebagai diri sendiri daan sebagai orang tua, yaitu kewajiban terhadap anak, baiknya di akhir perencanaan keuangan dilengkapi dengan perencanaan wakaf. Mengapa perlu merencanakan wakaf?

Karena ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia ini, hanya 3 hal yang akan menemani kita di alam barzah kelak yaitu:
• Doa anak yang sholeh sholehah
• Ilmu yang bermanfaat dan,
• Sedekah jariyah (wakaf)

Setelah menyiapkan pendidikan terbaik untuk anak-anak, semoga mereka menjadi anak yang sholeh, sholehah, kemudian kita menyebarkan ilmu yang dimiliki, maka disempurnakan dengan infaq/sedekah jariyah berupa wakaf yang pahalanya akan terus mengalir.

Ketika membicarakan atau mendengar kata "wakaf" sebagian masyarakat berpikirnya masjid, mushola, pesantren tahfidz, tanah makam, panti asuhan dsb, yang secara angka membutuhkan nominal dana relatif besar. Padahal wakaf tidak harus dalam bentuk yang selalu besar.

Anda menyumbang pembangunan masjid dengan ikut serta membeli semen sudah termasuk wakaf. Anda membangun sebuah fasilitas mck di daerah terpencil juga sudah termasuk wakaf.

Perencanaan dana wakaf dan dana apapun disesuaikan dengan pendapatan masing-masing orang. Jika alokasi investasi wakaf sebesar Rp 300.000-an per bulan ya jangan merencanakan wakaf yang membutuhkan Rp 500.000 per bulan atau lebih.

Benar bahwa investasi akherat itu penting karena itu yang akan menemani Anda di alam nanti, namun tidak semata-wakaf kan, masih ada anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat dan sedekah-sedekah lainnya.

Atau jika dari rencana ternyata perlu alokasi investasi yang besar melebihi ketersediaan dana, maka cukup di turunkan standar wakafnya. Misal tadinya mau berwakaf pesantren tanfidz dengan pengelolaan secara mandiri lengkap dengan lahan dan bisnis produktif, butuh dana saat ini Rp 2 miliar bisa diturunkan standarnya dengan berwakaf pesantren tanfidz dengan pengelolaan di serahkan kepada badan wakaf yang telah berpengalaman dengan dana saat ini Rp 500 jutaan. Otomatis alokasi investasi yang dibutuhkan juga turun.

Dari manakah alokasi investasi untuk wakaf? Bisa diambilkan dari pos investasi, asal tidak mengganggu jalannya kewajiban yang lain. Misal yang tadinya berencana sekolah full day, akhirnya ke sekolah biasa yang tidak tidak fullday.

Namun semua kembali kepada kebijakan keluarga masing-masing dimana prioritas sebuah rencana keuangan ditempatkan. Ingat hidup tidak hanya wakaf namun juga memberikan kehidupan yang layak untuk keluarga baik saat masih hidup dan sudah meninggal adalah kewajiban.

Jadi di manakah letak perencanaan wakaf dalam perencanaan keuangan? Ia menempati urutan atau prioritas setelah:
1. Zakat
2. Kebutuhan pokok sandang pangan papan
3. Dana darurat
4. Kewajiban terhadap anak : memberi nama yang baik (aqiqah), mendidik (perencanaan pendidikan, formal non formal), menikahkan ( perencanaan pernikahan anak)
5. Perencanaan haji, rukun Islam ke- 5
6. Perencanaan pensiun, agar saat pensiun tidak merepotkan anak dan tetap bisa hidup dengan standar seperti saat produktif termasuk beramal sedekah tidak berkurang.
7. Perencanaan wakaf.

Nah, jika Anda muslim dan sudah merencanakan traveling dan liburan dan lain-lain yang sifatnya additional, belum afdol jika perencanaan wakaf ternyata belum ada dalam bookplan Anda.

Berapapun penghasilan rezeki yang diberikan Allah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan standar penghasilan tersebut, namun akan selalu kurang jika hidup dijalani dengan standar penghasilan yang di atasnya.

Sebenarnya materi ini juga dicover secara lengkap dan detil selama 3 hari di dalam modul workshop Perencana Keuangan Syariah.

Akan tetapi workshopnya hanya diadakan setahun sekali di bulan Ramadan. Di luar itu anda bisa mengikuti workshop yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana Januari 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0118.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Hiduplah sesuai dengan kebutuhan, sehingga keinginan akan terencana dengan baik. 

Salam Financial! (ang/ang)

Selengkapnya: Klik Disini atau www.shilafinancial.com




Popular posts from this blog

6 CIRI HIDUP MAPAN, KAMU TERMASUK NGGAK ?

Hidup mapan adalah dambaan dan kewajiban setiap orang. Karena kita diberi Allah kekayaan dan kecukupan, bukan kekayaan dan kemiskinan. Jadi siapa yang menjadikan kita miskin, adalah diri kita sendiri, akibat tidak merencanakan keuangan dengan baik, sehingga timpang dan tidak proporsional dalam membagi pos-pos keuangan. Beberapa contohnya karena tidak mengeluarkan hak Allah, pelit dalam berinfak sedekah, boros, dan banyak mengeluarkan harta secara sia-sia. Rejeki memang Allah yang memberi, namun manusialah yang seharusnya pandai mengatur agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik di dunia dan akherat kelak, sehingga kemapanan dapat dicapai. Aidil Akbar Madjid dalam kata-kata mutiaranya menulis, jika hidupmu mapan, maka wajahmu (yang tak tampan) akan termaafkan. ” Sepakat, karena setelah mapan, ketampanan itu bisa diusahakan. So, jika hidupmu mapan, pasangan rupawanpun bukan sekedar impian. Ya kan? Banyak orang mengasosiasikan hidup mapan dengan aset yang dimili

SHILA FINANCIAL

Shila Financial is a trusted financial consultancy brand committed to providing easy-to-implement, affordable, and professional financial solutions to the public. We recognize that many people struggle with managing their finances, and therefore we have Certified Financial Planners and internationally licensed professionals to help them better plan their finances and achieve a more empowered life and financial position. We have two business units: Shila Consulting and Shila Institute. Shila Consulting focuses on providing financial planning services, tax services, transfer pricing, mental health, branding, media planning and legal services to our clients. Shila Institute offers short classes on financial planning and related matters that are affordable and accessible to the general public, both for individuals and companies. We always prioritize high ethical and professional values in providing our services. We are committed to providing quality and trustworthy services to our clients

MEDIA PLANNING

We provide branding and media planning consultation to businesses of all sizes and industries, helping them to establish a strong brand identity, develop effective marketing strategies, and maximize their advertising budget. Our partner team of experts works closely with clients to understand their unique needs and goals, and tailor our services to meet those specific requirements. Whether you are a startup looking to build your brand from scratch, or an established company seeking to revitalize your marketing efforts, we are here to help you elevate your brand, expand your reach, and excel in your industry.  Contact Us    +62 888-1851-225 shila.financial@gmail.com