Skip to main content

Sebelum Berutang, Perhatikan Hal-Hal Berikut, karena....



 "Tahukah bahwa, bank/industri keuangan akan memberi pinjaman ketika kita sebenarnya TIDAK BUTUH, tapi mereka tidak memberi pinjaman disaat kita benar-benar butuh."

Faham kan mengapa?

Pada dasarnya, bank/industri keuangan adalah lembaga bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, mereka akan lebih tertarik untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki prospek untuk mengembalikan pinjaman tersebut dengan bunga yang tinggi.

Orang-orang yang sebenarnya TIDAK BUTUH pinjaman biasanya memiliki penghasilan yang stabil dan aset yang berharga. Mereka juga memiliki riwayat kredit yang baik, sehingga bank/industri keuangan yakin bahwa mereka akan mampu untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

Sebaliknya, orang-orang yang benar-benar BUTUH pinjaman biasanya memiliki penghasilan yang tidak stabil dan aset yang tidak berharga. Mereka juga memiliki riwayat kredit yang buruk, sehingga bank/industri keuangan menilai bahwa mereka berisiko tinggi untuk tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh situasi di mana bank/industri keuangan akan lebih cenderung untuk memberikan pinjaman:

  • Orang yang ingin membeli rumah atau mobil baru.
  • Orang yang ingin memulai bisnis.
  • Orang yang ingin melakukan perjalanan wisata.

 
Berikut adalah beberapa contoh situasi di mana bank/industri keuangan akan lebih cenderung untuk menolak pinjaman:

  • Orang yang ingin membayar tagihan listrik atau air.
  • Orang yang ingin membayar hutang kartu kredit.
  • Orang yang ingin menutupi biaya hidup sehari-hari.

 
Tentu saja, ada juga bank/industri keuangan yang memiliki program pinjaman khusus untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan, seperti pinjaman mikro atau pinjaman pendidikan. Namun, program-program ini biasanya memiliki persyaratan yang lebih ketat dan bunga yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merencanakan keuangan kita dengan baik agar kita tidak sampai membutuhkan pinjaman dari bank/industri keuangan.

Gimana, pernah ngalami dikejar-kejar suruh utang lur?

SHILA FINANCIAL
Membantu Anda mencapai kesejahteraan & ketenangan finansial, kini, esok & nanti.

#utang #jadilebihcerdas #shilapedia #berdayafinansial