Dana Darurat atau Emergency Fund

Apa Sih Dana Darurat atau Emergency Fund itu?
Pasti banyak yang belum mengerti apa itu dana darurat meskipun sudah sering mendengarnya. Dana darurat ternyata menjadi hal yang sangat penting untuk diadakan dan dikelola dalam kehidupan keuangan kita.

Salah satu syarat utama sebelum kita membuat sebuah Perencana Keuangan adalah keberadaan tabungan darurat atau sering disebut dengan istilah emergency fund. Sesuai dengan namanya, penempatan uang pada jenis tabungan ini hanya akan dipakai dalam keadaan darurat atau emergency.

Harus dipisahkan bahwa kegunaan tabungan darurat adalah berbeda dengan tabungan yang akan dipakai sebagai cash management account. Adapun cash management account dipakai untuk mengelola keuangan yang dipakai sehari-hari untuk pembiayaan keperluan sehari-hari. Sementara tabungan darurat hanya dipergunakan dalam keadaan terjepit atau benar-benar terpaksa.

Untuk itu, tabungan darurat atau emergency fund yang ideal adalah sebesar: minimum 3 bulan gaji atau kebutuhan hidup, untuk orang-orang yang belum berkeluarga. Minimum 6 bulan gaji atau kebutuhan hidup, untuk orang-orang yang sudah berkeluarga, atau besarannya tergantung dari kenyamanan anda.

Lalu, bagaimana sebaiknya penyimpanan dana darurat yang baik?

Penyimpanan dana darurat sendiri bisa dilakukan di tabungan, deposito, reksadana pasar uang, atau emas.

Simpanlah Telur di beberapa keranjang yang berbeda, dan menaruhnya di meja yang berbeda pula. 


Artikel Terkait:


Recent

PROFIL FINANCIAL PLANNER - ILA ABDULRAHMAN

ILA ABDULRAHMAN, S.Pt., RIFA, RFC Siti Ruhailah Abdulrahman, S.Pt., RPP, RFA,   RIFA, RFC atau yang dikenal dengan Ila Abdulrahman, ad...

Baca Juga