Perencanaan Asuransi Jiwa / Proteksi



Belum semua orang mengerti arti pentingnya manajemen resiko atau asuransi. Jaman dahulu ketika ada orang tua yang meninggal, banyak anak-anak yang ditinggalkannya terpaksa putus sekolah atau mulai bekerja di usia belia, beberapa masih beruntung dapat melanjutkan sekolah akan tetapi gaya hidup dan kualitas hidup mereka harus turun drastis akibat hilangnya penghasilan dari orang tua mereka.

Disini dapat dilihat, orang yang ditinggalkan tidak hanya mengalami kesedihan mental akan tetapi juga kesedihan yang bersifat material. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan manajemen resiko atau pengalihan resiko kepada pihak ke 3 untuk secara bersama-sama menanggung resiko tersebut. Adapun pihak ketiga tersebut adalah sebuah perusahaan keuangan atau lebih layak disebut juga dengan perusahaan asuransi. Produk yang harus dibeli untuk melindungi diri sebagai orang tua adalah produk asuransi jiwa.

Produk asuransi jiwa sendiri mempunyai banyak macamnya, akan tetapi sesungguhnya dapat dipisahkan menjadi 2 jenis:

                - Asuransi dasar (pure protection)
                - Asuransi turunan

Asuransi dasar (pure protection) adalah berguna untuk melindungi nilai dari jiwa orang yang kita cintai atau orang tempat kita bergantung hidup. Kelebihan dari produk ini adalah biaya preminya yang biasanya sangat murah, serta uang pertanggungan yang cukup besar. Kekurangan dari produk ini adalah apabila orang yang kita belikan asuransi tidak meninggal dunia, maka uang kita tidak akan kembali atau uang tersebut hilang.

Sedangkan produk asuransi turunan mempunyai karakteristik seperti tabungan dengan memiliki nilai tunai dari premi asuransi yang kita bayarkan. Produk ini biasa digunakan untuk asuransi pendidikan, tabungan, maupun dana pensiun. Salah satu contoh dari produk ini terkenal dengan sebutan Unit Link atau Endowmen. Kelebihan dari produk ini adalah mempunyai 2 fungsi dalam satu produk serta “memaksa” kita untuk menabung secara teratur. Kekurangan dari produk ini adalah premi yang sangat mahal mengakibatkan uang pertanggungan yang kecil. Bunga dari tabungan atau Nilai Tunai yang sangat kecil tidak sebanding dengan hasil investasi pada tempat lain.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pembelian asuransi adalah:

-        Jangan pernah membeli asuransi jiwa atas anak yang masih dibawah umur atau tidak mempunyai nilai ekonomis (berpenghasilan).

-        Jangan pernah memasukkan nama anak yang masih dibawah umur sebagai beneficiary atau penerima waris dari suatu polis asuransi jiwa.

-       Jenis produk yang dibeli mayoritas adalah asuransi menggunakan produk unit link, maka premi yang dibayarkan akan tinggi dengan total Uang Pertanggungan yang didapat sangat rendah. Sehingga dapat dipastikan perlindungan asuransi yang dibutuhkan pasti kurang.

Di PT Takaful Keluarga asuransi jiwa murni "term life" di jual dengan nama Al Khairat.



Artikel Terkait