Skip to main content

Tips Membeli Logam Mulia

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya mengenai jenis logam mulia, dimana emas merupakan logam mulia yang paling banyak dicari dan paling digemari oleh kaum hawa. Karena emas selain bisa digunakan sebagai sarana investasi dan pelindung nilai sebuah harta anda yang dimana dapat terhindar dari pengaruh inflasi. Emas pun bisa digunakan sebagai perhiasan (dipakai), sedangkan bagi anda yang ingin membeli emas, tentunya anda harus mengetahui tujuan dan maksud anda dalam membeli emas tersebut, apakah untuk investasi atau hanya untuk dipakai ?

Apabila untuk investasi, maka saya anjurkan kepada anda untuk membeli emas batangan atau emas koin, dan apabila untuk dipakai tentunya anda akan membeli emas perhiasan yang anda sukai. Lalu bagaimana tips dalam membeli emas batangan, emas perhiasan maupun emas putih ? Anda tidak perlu khawatir, anda bisa membaca tips berikut:

1. Logam Mulia Emas Kuning

  • Lihat Harga Emas Tentunya sebelum anda membeli emas, ada baiknya anda mengecek berapa harga emas dipasaran pada saat ini, anda bisa melalui surat kabar, website Harga-Emas.com, website pegadaian di Pegadaian.co.id dimana terdapat menu pada halaman utamanya tentang harga emas sekarang ini, bertanya pada toko emas atau menghubungi bagian penjualan PT.Logam Mulia yang merupakan divisi dari PT. Antam Tbk – produsen emas di Indonesia, pada tiap hari kerja senin sampai jumat di logammulia.com. Apabila anda membeli emas hari sabtu atau minggu tentunya anda bisa mencari informasi patokan harga emas pada hari jumat sorenya.
  • Kondisi Emas yang akan anda beli Apabila yang anda beli adalah emas perhiasan untuk dipakai, tentunya anda bisa memilih model yang disukai, selain itu juga perhatikan keadaan perhiasan emas itu sendiri, masih bagus atau sudah ada cacatnya. Bila yang dibeli perhiasan emas yang ada permatanya, perhatikan permatanya apakah ada cuil, goresan dan lain sebagainya, karena apabila anda bermaksud ingin menjualnya kembali, toko emas akan mengeceknya dahulu, apabila kondisi emas perhiasan tersebut mengalami cacat seperti yang saya sebutkan diatas, maka akan mempengaruhi harga jualnya.Namun apabila yang ingin dibeli dalam bentuk gelang dan kalung, pilihlah kunci gelang atau kunci kalung yang buatan mesin, yaitu yang berbentuk hurus S atau disebut dengan toogle. Sedangkan kunci yang buatan tangan biasanya bentuknya semacam model kait yang mana terkadang dapat menjadi lemah bila sudah sering dipakai dan sudah berumur lama.
  • Jangan lupa untuk melihat juga pada tampilan emasnya, belilah emas yang bersih sekali, karena kadang ada yang telah berwarna hijau pada pori-pori bagian tertentu. Mungkin saja toko penjual perhiasan bilang ini adalah hal biasa, tapi sebenarnya tidak, emas ini belum dicuci dengan benar. pada emas tersebut masih tertinggal sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi pada kulit orang sipemakainya, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan sebagainya.
  • Kadar Kemurnian Emas Berikut adalah kadar kemurnian emas menurut standart Internasional. - Emas 24 karat adalah emas murni 99.99% - Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur dengan bahan lainnya sekitar 8.3% biasanya berbahan perak. - Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas - Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas - Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas - Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas - Emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas
karena kita tinggal di Indonesia, maka standar kadar emas di toko emas di Indonesia pastinya akan mengalami perbedaan. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya. Bisa anda lihat dimana terdapat selisih karat yang jauh berbeda. Sistem jual beli emas dipasar indonesia (pasar tradisional – toko emas), memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat maupun kadarnya.


2. Logam Mulia Emas Putih
Emas putih merupakan emas murni yang dicampur dengan bahan logam lain yang memiliki kadar yang berbeda-beda, biasanya hingga 70%. Ada yang bilang emas putih itu adalah platinum, tapi karena harga platinum mahal sekali, maka di Indonesia jarang sekali yang menjualnya. Untuk pembelian Emas putih yang akan anda pergunakan sebagai Investasi, lebih baik anda membeli emas dengan jenis Batangan maupun Koin emas yang berstandart International dan pastikan telah memiliki sertifikatnya.
Dapat anda lihat pada contoh berikut:

Lalu dimana tempat untuk membeli emas batangan dengan kadar 99.99% bersertifikat ? Anda bisa membelinya langsung pada produsennya, yaitu PT. Logam Mulia – divisi penjualan emas PT. Antam Tbk, bisa dilihat melalui websitenya logammulia.com atau bisa melalui Tempat Pegadaian, dan juga pada toko-toko emas yang menjualnya. Setelah anda membelinya, jangan lupa untuk menyimpan nota pembelian emas tersebut, karena nantinya akan diperlukan oleh anda apabila anda bermaksud untuk menjualnya kembali. Hal ini dikarenakan tidak semua pembeli emas, baik dijual ditoko atau ditempat lainnya, ahli dalam menentukan kadar emas tersebut. Karena untuk mengecek kadar emas memerlukan waktu dan teknologi yang belum tentu tersedia ditempat anda menjualnya. Dan bila mungkin, jual-lah emas tersebut, kembali dimana tempat anda membelinya, karena tentunya akan lebih mudah dan tidak ada banyak pertanyaan mengenai seputar emas yang akan anda jual tersebut.

Nilai Emas Saat Dijual Kembali
Tergantung dimana anda akan menjualnya, bila di Pegadaian, maka mereka akan menggunakan sistem gadai, dimana emas anda hanya dinilai hingga 90% dari kurs beli pegadaian saat itu. sedangkan bila ditoko emas, biasanya akan dipotong Rp.5000/gram dari harga beli. Dan bila di PT.Logam Mulia – Divisi penjualan emas PT.Antam.Tbk, Anda bisa melihat di website logammulia.com untuk harga beli kembali per-gramnya. Demikian Tips dalam membeli Logam Mulia, Mudah-mudahan dapat memberikan pemahaman kepada anda yang sebelumnya mempunyai kendala dengan yang dimaksudkan pada artikel diatas.
 
Sumber : detik forum
 
Artikel Terkait


 

Popular posts from this blog

6 CIRI HIDUP MAPAN, KAMU TERMASUK NGGAK ?

Hidup mapan adalah dambaan dan kewajiban setiap orang. Karena kita diberi Allah kekayaan dan kecukupan, bukan kekayaan dan kemiskinan. Jadi siapa yang menjadikan kita miskin, adalah diri kita sendiri, akibat tidak merencanakan keuangan dengan baik, sehingga timpang dan tidak proporsional dalam membagi pos-pos keuangan. Beberapa contohnya karena tidak mengeluarkan hak Allah, pelit dalam berinfak sedekah, boros, dan banyak mengeluarkan harta secara sia-sia. Rejeki memang Allah yang memberi, namun manusialah yang seharusnya pandai mengatur agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik di dunia dan akherat kelak, sehingga kemapanan dapat dicapai. Aidil Akbar Madjid dalam kata-kata mutiaranya menulis, jika hidupmu mapan, maka wajahmu (yang tak tampan) akan termaafkan. ” Sepakat, karena setelah mapan, ketampanan itu bisa diusahakan. So, jika hidupmu mapan, pasangan rupawanpun bukan sekedar impian. Ya kan? Banyak orang mengasosiasikan hidup mapan dengan aset yang dimili

SHILA FINANCIAL

Shila Financial is a trusted financial consultancy brand committed to providing easy-to-implement, affordable, and professional financial solutions to the public. We recognize that many people struggle with managing their finances, and therefore we have Certified Financial Planners and internationally licensed professionals to help them better plan their finances and achieve a more empowered life and financial position. We have two business units: Shila Consulting and Shila Institute. Shila Consulting focuses on providing financial planning services, tax services, transfer pricing, mental health, branding, media planning and legal services to our clients. Shila Institute offers short classes on financial planning and related matters that are affordable and accessible to the general public, both for individuals and companies. We always prioritize high ethical and professional values in providing our services. We are committed to providing quality and trustworthy services to our clients

MEDIA PLANNING

We provide branding and media planning consultation to businesses of all sizes and industries, helping them to establish a strong brand identity, develop effective marketing strategies, and maximize their advertising budget. Our partner team of experts works closely with clients to understand their unique needs and goals, and tailor our services to meet those specific requirements. Whether you are a startup looking to build your brand from scratch, or an established company seeking to revitalize your marketing efforts, we are here to help you elevate your brand, expand your reach, and excel in your industry.  Contact Us    +62 888-1851-225 shila.financial@gmail.com