Menghitung Investasi Pensiun

Perencaan Pensiun

T : Usia saya saat ini 35 tahun, saya berencana pensiun usia 55. Pengeluaran keluarga saat ini Rp 10 jt perbulan. Berapa yang harus saya tabung agar saya bisa hidup seperti sekarang? Rizal, Palu.
J : Dengan usia Bapak saat ini, berarti masih ada waktu 20 tahun lagi sebelum pensiun tiba. Biasanya saat pensiun kebutuhan atau biaya hidup akan turun menjadi 70% -80% dari biaya saat ini, sehingga akan menjadi  Rp 7jtan/bulan atau Rp 84jt/tahun diangka 70%.

Jika di hitung dengan asumsi inflasi sebesar 10%, maka 20 tahun yang akan datang pengeluaran Rp 84jt/tahun akan berpotensi menjadi  Rp 565jt/tahun. Wooww, angka yang super fantastis. Pertanyaan selanjutnya, yang tidak pak Rizal cantumkan, berapa lama kira-kira pak rizal hidup setelah pensiun? Baiklah kita asumsikan berdasarkan rata-rata usia orang indonesia, yaitu sampai usia 75 tahun, maka Pak Rizal butuh biaya hidup untuk 20 tahun setelah pensiun.

Hitungan menunjukkan Pak Rizal membutuhkan Dana Pensiun sebesar Rp 5,4 Milyar. Fantastis.  Dan untuk jangka pensiun yang masih 20 tahun lagi, sebaiknya pak rizal tidak menabung, tetapi berinvestasi. Mengapa??

Menabung selain hanya untuk kebutuhan lalu lintas dana, juga hanya memberikan ekspektasi return (imbal hasil) sebesar 3%, itupun masih kena pajak 20%, sedangkan investasi, memang di tujukan untuk tujuan tertentu,  memberikan imbal hasil 25% atau lebih untuk jangka panjang.

Sebagai contoh, Jika Pak Rizal saat ini menabung misal  Rp 2jt/bulan, maka 20 tahun yang akan datang potensinya menjadi  Rp 660jtan hanya cukup untuk hidup 1 tahun setelah pensiun, tetapi dengan Investasi, akan berpotensi menjadi Rp 13,7Milyar, padahal kebutuhan pak Rizal hanya Rp 5,4 Milyar.

Nah, sekarang pak rizal sudah mendapatkan angka untuk alokasi persiapan pensiun. Di mana berinvestasi, dapat bapak dapatkan dari perencana keuangan bapak, atau bisa hub Associate Kami di Shila's Financial Clinic, di 085747588894.

Selamat berinvestasi.

Tulisan ini di muat di Harian Joglosemar, tanggal 15 Juni 2013.

Artikel Terkait
Menghitung Dana Pensiun
Lima Tips Perencanaan Pensiun



Popular posts from this blog

Beban Hutang Pra Nikah