Dana Pensiun - 1


Berapa sebenarnya Dana Pensiun yang harus terbentuk, siap, ada dan sesuai dg kebutuhan saat anda pensiun? Simak yaa..

Apa sih Pensiun itu? Berapa sebenarnya Dana Pensiun yang harus terbentuk, siap, ada dan sesuai dg kebutuhan saat anda pensiun? 


#Pensiun adalah ketika kita tidak bekerja sama sekali dan menikmati sisa usia. bukan pensiun jadi karyawan lalu buka usaha dan di handle sendiri. itu namanya Pindah pekerjaan.

#Pensiun : sudah tidak bekerja, dan menjalani sisa usia dengan style hidup, secara Rohani (Ibadah, Zakat Infak dan sedekah, dll) dan jasmani (penampilan, pakaian, kendaraan, dll minimal sama atau bahkan lebih baik dari saat anda masih bekerja. Dan...bisa memberikan LEGACCY kepada anak cucu, minimal neh..cucu ulang tahun kasih kado setara Untanya Rasul. Amiiinnnnn

Jangan Sampai masa #Pensiun di lalui dengan "menunggu" tambahan financial dari anak menantu (laiknya sebagian masyarakat indonesia saat ini), karena dana pensiun yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, jangankan berobat dan obata2an, terkadang utk konsumsi aja alhamdulillahhh Pass...

Dana #Pensiun Orang Indonesia sangatlah Unik, hanya ada di indonesia, tidak terjadi di negara lain, yaitu : kebutuhan terbesar #DanaPensiun adalah untuk kebutuhan JAGONG alias KONDANGAN alias MBECEK. 

Saat Anda #Pensiun, itu saat anda, mendapat undangan pernikahan, khitanan temenan cucu atau ulang tahun pernikahan. Kita hitung, di musim sepi "Kawin" mungkin hanya 2-3 undangan dalam 1 bulan, namun di musim kawin, bulan Rajab, bulan "besar" bisa 7 kali seminggu, 3 undangan sehari di akhir pekan, total sebulan minimal 15 undangan kali 100 atau 200ribu per amplop, kalo akrab, bisa setengah atau diatas 1 jutaan. berapa hayo? minimal 1,5 jt, nilai saat ini.

Nah...Apakah Anda sudah mempersiapkan #DanaPensiun? Anda yang belum punya Dana Pensiun, mohon maaf, ANDA TIDAK BISA PENSIUN | Anda yang sudah punya Dana Pensiun dari Kantor (DPLK), mohon maaf, anda mungkin tetap TIDAK bisa PENSIUN NYAMAN | JANGAN PERNAH berfikir bahwa Dana Pensiun yang anda dapat dari kantor bisa memenuhi seluruh biaya hidup pensiun anda | Guys biaya hidup setiap tahun akan naik minimum antara 12%-15%, artinya biaya hidup kita 20-25 tahun lagi akan gila-gilaan.

DIULANG Dana pensiun yang anda dapat dari kantor (DPLK / DPPK iuran pasti) hanya mampu memenuhi sekitar 20% biaya hidup nanti. Artinya kl sekarang anda hidup dengan 3jt perbulan dan anda pensiun saat ini, dana pensiun ktr anda hanya memberikan 600rb/bln. Atau kl penghasilan anda 10jt/bln saat ini dan pensiun, dana pensiun ktr anda hanya memberikan 2jt/bln.

Selanjutnya, Simulasi Dana Pensiun.
 

Recent

PROFIL FINANCIAL PLANNER - ILA ABDULRAHMAN

ILA ABDULRAHMAN, S.Pt., RIFA, RFC Siti Ruhailah Abdulrahman, S.Pt., RPP, RFA,   RIFA, RFC atau yang dikenal dengan Ila Abdulrahman, ad...

Baca Juga