Dana Darurat

1. Setiap gedung bertingkat atau pesawat pasti punya pintu darurat yang hanya dipakai jika dalam kondisi terdesak.
2. Sama dengan kehidupan, kita juga harus memiki pintu darurat untuk menghadapi kondisi terburuk sehingga bisa meminimalisir risiko.
3. Pintu darurat dlm kehidupan nyata kita a/ dana darurat yg akan sgt berguna u/ menghadapi keadaan mendesak spt PHK, sakit, renovasi dsb.
4.Dana darurat buat kita tenang krn tak perlu berutang or jual aset pribadi u/ hadapi keadaan buruk.Maka, dana darurat penting dialokasikan
5. Berapa jumlah dana darurat yang harus kita disediakan? Idealnya, pria/wanita lajang perlu dana sebesar 3x dari biaya hidup bulanan.
6. Sedangkan untuk pasangan yang sudah berkeluarga disarankan menyiapkan dana 6x biaya hidup bulanan, wajar karena punya risiko lebih besar.
7.Dana darurat dihitung dr pengeluaran bulanan.Misal,gaji Rp5jt/bulan&pengeluaran Rp2 jt maka para single hrs kumpulkan dana darurat Rp6 jt.
8. Meski terlihat berat, kumpulkan dana darurat sedikit demi sedikit atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan dana THR ataupun bonus.
9. Perhatikan juga metode penyimpanannya. Simpanan di fitur dg likuiditas tinggi spt tabungan/deposito agar bias diambil sewaktu-waktu.
10. Siapkah berburu dana darurat? Seperti tupai yg mengumpulkan makanan sebelum musim kemarau, mari siapkan dana darurat selagi sempat.

Nah..ayo mulai di bentuk Dana Daruratnya yaa.. mo Konsul, bikin plan atau adain seminar, sila kontak ke email/bbid :  ila.abdulrahman@gmail.com


Sumber : CommBank

Comments