Bisnis Planning Setelah Pensiun

Pertanyaan :
Saat ini saya bekerja sebagai abdi negara alias PNS di sebuah instansi pemerintahan. Rencana Kami (Saya & Suami) setelah pensiun nanti kami ingin membuka usaha Rumah Makan. Kami bingung harus mulai darimana?

Jawaban:
Dari data yang ibu lampirkan, masa pensiun Ibu masih sekitar 20 tahun lagi. Artinya masih ada waktu 20 tahun untuk mempersiapkan dana dan menginvestasikannya.
Yang harus di persiapkan dari sekarang adalah :
1. Konsep Rumah Makan
2. Tempat apakah akan sewa atau beli?
3. Peralatan dan kelengkapan rumah makan, mulai dr perlengkapan memasak, plating, meja kursi, bahan baku, dll. List sedetail mungkin.
4. Manajerial (jumlah dan gaji karyawan, penunjang yang lain seperti asuransi, dll).
Setelah semua hal di list, di hitung harga barang-barang tersebut SAAT INI (Present Value, PV).  Misal:  1. Tempat dan bangunan, harga sekarang 700 juta beli, dan 40 juta/tahun jika sewa, 80 juta sewa 2 tahun sekaligus.
2. Perlengkapan 200 juta.
3. Gaji karyawan 3 bulan pertama utk 5 orang  40 juta.
4. Dana darurat 100 juta.
Total 1,040 Milyar (beli tempat) atau 420 juta jika sewa.

Hitung proyeksi harga tersebut di 20 tahun yang akan datang dengan menggunakan excel, FV (future value), atau dg rumus berukut :
FV = PV (1+i )^20
Asumsi gunakan kenaikan (i) harga barang-barang 15%/tahun.
Maka :
1. Jika beli 1,040 M 20 tahun yang akan datang akan berpotensi menjadi .....A.
2. Jika sewa 420 juta 20 tahun lagi akan berpotensi menjadi.....B
>>>> Lihat Foto
Hasilnya kemudian bagi dengan 20th x 12 bulan (240 bulan), maka akan di dapat jumlah yang akan di investasikan per bulannya :
A/240= Rp .../bulan
B/240= Rp .../bulan
Perhitungan di atas tanpa memperhitungkan adanya margin atas investasi, sehingga akan menghasilkan angka yg relatif cukup besar.

Jika ingin mendapatkan besaran investasi/bulan dengan memperhitungkan margin investasi, gunakan rumus PMT dalam excel. Perhitungan menggunakan rumus PMT dalam excel akan menghasilkan angka investasi per bulan yang relatif sangat kecil.

Waktu investasi yang masih cukup panjang, yaitu 20 tahun, maka investasi relatif aman dan menguntungkan di REKSADANA SAHAM, dengan margin rata-rata 25% per tahun.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat "BISNIS PLANNING", akan lebih mudah jika anda konsultasikan kepada Financial Planner. Anda akan mendapatkan buku perencanaan berikut step-step yang harus di lakukan di sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Happy Planning yaa!

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tanggapan, pertanyaan di sini, kami akan segera meresponnya.

Recent

PROFIL FINANCIAL PLANNER - ILA ABDULRAHMAN

ILA ABDULRAHMAN, S.Pt., RIFA, RFC Siti Ruhailah Abdulrahman, S.Pt., RPP, RFA,   RIFA, RFC atau yang dikenal dengan Ila Abdulrahman, ad...

Baca Juga