Search This Blog

Tentang Hutang Piutang




Dalam islam hutang/utang tidak dilarang, tetapi sebaiknya dihindari dan tidak riba.


Selaras dengan hal tersebut, dalam merencanakan keuangan, langkah yang harus dilakukan adalah membebaskan diri dari jerat hutang konsumtif yang biasanya, hutang-hutang untuk gengsi gaya hidup dan bukan untuk kebutuhan hidup. 


Ada pesan dari salah satu pemimpin umat islam, yang terkanal dengan keadilannya : 


“Aku wasiatkan kepada kalian agar tidak berutang, meskipun kalian merasakan kesulitan, karena sesungguhnya utang adalah kehinaan di siang hari kesengsaraan di malam hari, tinggalkanlah ia, niscaya martabat dan harga diri kalian akan selamat, dan masih tersisa kemuliaan bagi kalian di tengah- tengah manusia selama kalian hidup.” (Umar bin Abdul Aziz Ma’alim Al Ishlah wa At Tajdid, 2/71)

__


Semoga kita semua dijauhkan dari hutang yang tidak perlu.


Stay Safe, Stay Healthy Life & Money.


𝐈𝐥𝐚 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥𝐫𝐚𝐡𝐦𝐚𝐧 𝐑𝐈𝐅𝐀®, 𝐑𝐅𝐂®

Perencana Keuangan


Berhutang itu boleh.

Membayar hutang itu wajib.


Pliss kasih kabar klo belum bisa bayar. Minta reschedule atau bahkan keringanan. Itu lebih baik daripada hanya diam. 


Kadang yang menghutangi mencari kabar peminjam uangnya bukan semata-mata mau nagih lho. Apalagi klo itu ada hubungan personal karena pertemanan atau persaudaraan. 

Taukah kalian kalau terselip ada kekhawatiran.... Apakah dia baik-baik saja? Bagaimana kabarnya? Apakah kesulitannya sudah bisa teratasi? 

Keep in touch, jangan menghilang seperti jin dalam botol. 


Jika hutangmu ke lembaga keuangan, tak ada lagi rasa khawatir disana. Gak bisa bayar ya sita aset agunan.


Jika hutangmu tanpa agunan, apalagi hutang online... niscaya malunya akan sampai seantero jagat raya saat mereka menagih melalui semua nama di kontak hape kalian. 


Trus gimana caranya lepas dari hutang piutang yang berpotensi macet? Yakin tidak ada satupun dari kita saat berhutang berniat untuk tidak membayar, itu hanya dilakukan oleh penjahat. Kesulitan bisa datang kapan saja kepada siapa saja.


Ayo kita belajar tentang Manajemen Hutang, sehingga kapan pun kita butuh berhutang, kita sudah siap dengan manajemennya. 


Ada emang kelasnya??? Adaaaaa







No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tanggapan, pertanyaan di sini, kami akan segera meresponnya.

HYPE

5 ALASAN MENGAPA DANA DARURAT HARUS DIUPDATE BERKALA

Dana Darurat atau Emergency Fund biasa juga disebut, penting dalam keuangan keluarga, menempati urutan kedua setelah melunasi hutang-h...