Skip to main content

Perencanaan Asuransi Jiwa / Proteksi



Belum semua orang mengerti arti pentingnya manajemen resiko atau asuransi. Jaman dahulu ketika ada orang tua yang meninggal, banyak anak-anak yang ditinggalkannya terpaksa putus sekolah atau mulai bekerja di usia belia, beberapa masih beruntung dapat melanjutkan sekolah akan tetapi gaya hidup dan kualitas hidup mereka harus turun drastis akibat hilangnya penghasilan dari orang tua mereka.

Disini dapat dilihat, orang yang ditinggalkan tidak hanya mengalami kesedihan mental akan tetapi juga kesedihan yang bersifat material. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan manajemen resiko atau pengalihan resiko kepada pihak ke 3 untuk secara bersama-sama menanggung resiko tersebut. Adapun pihak ketiga tersebut adalah sebuah perusahaan keuangan atau lebih layak disebut juga dengan perusahaan asuransi. Produk yang harus dibeli untuk melindungi diri sebagai orang tua adalah produk asuransi jiwa.

Produk asuransi jiwa sendiri mempunyai banyak macamnya, akan tetapi sesungguhnya dapat dipisahkan menjadi 2 jenis:

                - Asuransi dasar (pure protection)
                - Asuransi turunan

Asuransi dasar (pure protection) adalah berguna untuk melindungi nilai dari jiwa orang yang kita cintai atau orang tempat kita bergantung hidup. Kelebihan dari produk ini adalah biaya preminya yang biasanya sangat murah, serta uang pertanggungan yang cukup besar. Kekurangan dari produk ini adalah apabila orang yang kita belikan asuransi tidak meninggal dunia, maka uang kita tidak akan kembali atau uang tersebut hilang.

Sedangkan produk asuransi turunan mempunyai karakteristik seperti tabungan dengan memiliki nilai tunai dari premi asuransi yang kita bayarkan. Produk ini biasa digunakan untuk asuransi pendidikan, tabungan, maupun dana pensiun. Salah satu contoh dari produk ini terkenal dengan sebutan Unit Link atau Endowmen. Kelebihan dari produk ini adalah mempunyai 2 fungsi dalam satu produk serta “memaksa” kita untuk menabung secara teratur. Kekurangan dari produk ini adalah premi yang sangat mahal mengakibatkan uang pertanggungan yang kecil. Bunga dari tabungan atau Nilai Tunai yang sangat kecil tidak sebanding dengan hasil investasi pada tempat lain.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pembelian asuransi adalah:

-        Jangan pernah membeli asuransi jiwa atas anak yang masih dibawah umur atau tidak mempunyai nilai ekonomis (berpenghasilan).

-        Jangan pernah memasukkan nama anak yang masih dibawah umur sebagai beneficiary atau penerima waris dari suatu polis asuransi jiwa.

-       Jenis produk yang dibeli mayoritas adalah asuransi menggunakan produk unit link, maka premi yang dibayarkan akan tinggi dengan total Uang Pertanggungan yang didapat sangat rendah. Sehingga dapat dipastikan perlindungan asuransi yang dibutuhkan pasti kurang.

Di PT Takaful Keluarga asuransi jiwa murni "term life" di jual dengan nama Al Khairat.



Artikel Terkait

Popular posts from this blog

6 CIRI HIDUP MAPAN, KAMU TERMASUK NGGAK ?

Hidup mapan adalah dambaan dan kewajiban setiap orang. Karena kita diberi Allah kekayaan dan kecukupan, bukan kekayaan dan kemiskinan. Jadi siapa yang menjadikan kita miskin, adalah diri kita sendiri, akibat tidak merencanakan keuangan dengan baik, sehingga timpang dan tidak proporsional dalam membagi pos-pos keuangan. Beberapa contohnya karena tidak mengeluarkan hak Allah, pelit dalam berinfak sedekah, boros, dan banyak mengeluarkan harta secara sia-sia. Rejeki memang Allah yang memberi, namun manusialah yang seharusnya pandai mengatur agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik di dunia dan akherat kelak, sehingga kemapanan dapat dicapai. Aidil Akbar Madjid dalam kata-kata mutiaranya menulis, jika hidupmu mapan, maka wajahmu (yang tak tampan) akan termaafkan. ” Sepakat, karena setelah mapan, ketampanan itu bisa diusahakan. So, jika hidupmu mapan, pasangan rupawanpun bukan sekedar impian. Ya kan? Banyak orang mengasosiasikan hidup mapan dengan aset yang dimili

SHILA FINANCIAL

Shila Financial is a trusted financial consultancy brand committed to providing easy-to-implement, affordable, and professional financial solutions to the public. We recognize that many people struggle with managing their finances, and therefore we have Certified Financial Planners and internationally licensed professionals to help them better plan their finances and achieve a more empowered life and financial position. We have two business units: Shila Consulting and Shila Institute. Shila Consulting focuses on providing financial planning services, tax services, transfer pricing, mental health, branding, media planning and legal services to our clients. Shila Institute offers short classes on financial planning and related matters that are affordable and accessible to the general public, both for individuals and companies. We always prioritize high ethical and professional values in providing our services. We are committed to providing quality and trustworthy services to our clients

Mahar, Bisakah di Gugat Sebagai Harta Warisan?

T : Saya, menikah dengan mahar rumah yang kami tinggali saat ini.   Enam (6) bulan yang lalu suami meninggal. Kemudian anak-anak tiri saya menghendaki rumah tersebut di bagi karena menganggapnya sebagai harta warisan. Saya bukan karena tidak mau membagi, tetapi berdasarkan syariah, harta tersebut bukan termasuk sebagai harta peninggalan suami saya. Nah, bagaimana, apakah mahar tersebut bisa di gugat sebagai harta warisan dan harus di bagi?   Ardina – Solo. J: Harta, sedikit ataupun banyak, menjadi salah satu sumber pertikaian, jika tidak di antisipasi sejak awal. Inilah pentingnya Perencanaan Warisan/wasiat atau “Estate Planning”. Harta ini utk siapa, tanah sana untuk siapa? Atau jika anda muslim berwasiatlah minimal “ bagilah Harta saya secara Islam”, mengingat di Indonesia ada 3 cara pembagian warisan yaitu : berdasarkan Agama, Undang-Undang dan Hukum Adat. Dalam hal kesulitan perencaan waris, anda bisa menyewa jasa seorang Perencana Keuangan (Financial Planner) untuk memban