Skip to main content

Momentum Awal Tahun, Lakukan Ini Pada Cash Flow Anda

Tahun 2016 sudah berlalu, mungkin Anda sempat mereview keuangan atau bahkan cuek sama sekali, apakah nilai investasi Anda naik atau turun, apakah dana darurat sudah terpenuhi, apakah sudah cukup investasi pensiun, pendidikan atau rencana keuangan lain.

Jika Anda termasuk kategori cuek bebek tersebut, ada baiknya momentum tahun baru ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Setidaknya jika Anda belum membagi pendapatan untuk pos-pos keuangan, ulasan berikut bisa Anda manfaatkan untuk memulainya.

Setop review-review, mulailah action, realisasi, disiplinlah terhadap diri sendiri, karena sekali Anda permisif untuk tidak action atau realisasi, maka Anda akan keterusan permisif, yang akan berdampak pada bengkaknya biaya di masa depan.

Berikut pembagian cash flow yang wajib Anda dilakukan:

1. Alokasi Pos Sosial
 
Pos sosial atau biasa disebut 'kewajiban terhadap Tuhan' ini terdiri dari pengeluaran yang bersifat sosial, seperti, zakat, perpuluhan, derma, kebutuhan sesaji, disusul dengan sedekah, infaq, atau hadiah. Besaran pos ini minimal 2,5% untuk memenuhi kewajiban zakat untuk muslim. Atau secara rata-rata perlu dialokasikan minimal 10%.

2. Alokasi Angsuran Utang
 
Angsuran Hutang atau biasa disebut 'kewajiban terhadap orang lain' menempati prioritas ke-2 untuk dilakukan, yaitu angsuran atau cicilan utang yang bersifat produktif, yaitu utang yang ada bentuk/wujud/asetnya dan nilainya meningkat dari tahun ke tahun, atau aset yang mendukung produktivitas kerja.

Total angsuran utang yang Anda miliki, baik KPR, KPM, Leasing, dll adalah sebesar 30% dari penghasilan per bulan. Coba dihitung, berapa persen total angsuran Anda? Jika melebihi porsi 30%, maka bisa dikatakan keuangan Anda TIDAK SEHAT, yang bisa mengancam pada kebangkrutan. Nah lho!

Jika Anda menikah, sebaiknya tidak memasukan penghasilan istri (join income) sebagai perhitungan angsuran, hal ini untuk mengantisipasi adanya pengeluaran yang tidak direncanakan dikemudian hari, seperti ketiban rezeki hamil lagi, atau tiba-tiba Anda sebagai suami/pencari nafkah utama mengalami penyesuaian (penurunan gaji), sehingga pendapatan istri masih bisa menopang pengeluaran keluarga, selain dana darurat yang sudah tersedia.

Bagi sebagian orang bahkan tidak memiliki tanggungan angsuran utang ini. Alokasi Pos angsuran hutang bisa dialokasikan ke dalam pos investasi.

3. Alokasi Investasi
 
Investasi ini biasa disebut 'hak kita di masa depan', yaitu hak untuk pensiun secara nyaman, hak anak akan biaya pendidikan, dll. Jika dahulu kita diajarkan : Pendapatan dikurangi pengurangan sama dengan nol, saat ini sudah harus diubah, bahwa pendapatan dikurangi investasi adalah pengeluaran. Jadi yang harus Anda lakukan pertama kali ketika menerima gaji adalah, mengeluarkan kewajiban, berzakat, perpuluhan, berderma, sedekah atau memberi ke orang tua, dilanjutkan dengan membayar kewajiban kepada orang lain alias membayar cicilan utang, lanjut dengan berinvestasi.

Besaran investasi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan keuangan jangka pendek, menengah, ataupun jangka panjang, untuk dana pendidikan anak, pensiun, perjalanan rohani, termasuk mulailah memikirkan menyiapkan dana kematian sendiri.

Secara nominal, kebutuhan investasi ini dihitung berdasarkan nilai nanti saat dibutuhkan berdasarkan nilai saat ini dan faktor inflasi beserta jangka waktu, porsi investasi yang tepat bersifat 'tailor made' alias berbeda untuk setiap orang. Anda bisa memulainya dengan mulai dari MINIMAL 20% dari gaji atau pengahasilan bulanan Anda. Penempatan apakah di deposito, Logam Mulia, reksa dana, saham, atau properti sangat bergantung pada tujuan investasi tersebut. Jangan sampai salah tempat. Kesalahan tempat mempengaruhi jumlah yang harus dialokasikan dan hasil akhir.

Bantuan profesional akan Anda butuhkan agar mendapat resep yang tepat, untuk penempatan dan jenis produk investasi, mengingat, begitu banyaknya produk keuangan, misal reksa dana saja jumlahnya sudah di angka ratusan, padahal mungkin Anda hanya butuh 1 atau 2 reksa dana saja, dengan investasi dalam kisaran ratusan ribu saja.

4. Alokasi Biaya Hidup
 
Biaya hidup atau bisa juga disebut 'hak kita saat ini' meliputi kebutuhan konsumsi, transportasi, komunikasi, kebutuhan anak-anak, kesehatan, hiburan, dll. Porsi yang dikatakan sehat jika besarannya maksimal 40% dari penghasilan bulanan Anda, atau menurut OJK boleh di angka maksimal 60%.

Sudah Anda lakukan hal-hal di atas terhadap pendapatan bulanan Anda? Jika sudah, masih ada rasio-rasio keuangan lain yang harus Anda lakukan terhadap aset, kewajiban, utang pokok, dana darurat, investasi, asuransi, dan perencanaan waris/wasiat Anda.

Dalam hal kebutuhan Perencanaan Keuangan, baik komprehensif, miniplan ataupun per kasus, Anda bisa menggunakan jasa profesional Financial Planner, agar sejahtera kini, esok dan nanti, serta terbebas dari perselisihan akibat warisan.

Nah, selamat beraksi terhadap pendapatan Anda. 


ARTIKEL TELAH DI TERBITKAN DI DETIK.COM  11 JANUARI 2017

https://goo.gl/WWzTlo

Popular posts from this blog

6 CIRI HIDUP MAPAN, KAMU TERMASUK NGGAK ?

Hidup mapan adalah dambaan dan kewajiban setiap orang. Karena kita diberi Allah kekayaan dan kecukupan, bukan kekayaan dan kemiskinan. Jadi siapa yang menjadikan kita miskin, adalah diri kita sendiri, akibat tidak merencanakan keuangan dengan baik, sehingga timpang dan tidak proporsional dalam membagi pos-pos keuangan. Beberapa contohnya karena tidak mengeluarkan hak Allah, pelit dalam berinfak sedekah, boros, dan banyak mengeluarkan harta secara sia-sia. Rejeki memang Allah yang memberi, namun manusialah yang seharusnya pandai mengatur agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik di dunia dan akherat kelak, sehingga kemapanan dapat dicapai. Aidil Akbar Madjid dalam kata-kata mutiaranya menulis, jika hidupmu mapan, maka wajahmu (yang tak tampan) akan termaafkan. ” Sepakat, karena setelah mapan, ketampanan itu bisa diusahakan. So, jika hidupmu mapan, pasangan rupawanpun bukan sekedar impian. Ya kan? Banyak orang mengasosiasikan hidup mapan dengan aset yang dimili

SHILA FINANCIAL

Shila Financial is a trusted financial consultancy brand committed to providing easy-to-implement, affordable, and professional financial solutions to the public. We recognize that many people struggle with managing their finances, and therefore we have Certified Financial Planners and internationally licensed professionals to help them better plan their finances and achieve a more empowered life and financial position. We have two business units: Shila Consulting and Shila Institute. Shila Consulting focuses on providing financial planning services, tax services, transfer pricing, mental health, branding, media planning and legal services to our clients. Shila Institute offers short classes on financial planning and related matters that are affordable and accessible to the general public, both for individuals and companies. We always prioritize high ethical and professional values in providing our services. We are committed to providing quality and trustworthy services to our clients

MEDIA PLANNING

We provide branding and media planning consultation to businesses of all sizes and industries, helping them to establish a strong brand identity, develop effective marketing strategies, and maximize their advertising budget. Our partner team of experts works closely with clients to understand their unique needs and goals, and tailor our services to meet those specific requirements. Whether you are a startup looking to build your brand from scratch, or an established company seeking to revitalize your marketing efforts, we are here to help you elevate your brand, expand your reach, and excel in your industry.  Contact Us    +62 888-1851-225 shila.financial@gmail.com